Senin, 06 Juli 2009

MRI FINDING PINEAL CYSTS



Tumor yang berbentuk seperti buah pohon cemara ini termasuk tumor yang jinak ( cyste)yang teletak di kelenjar endokrin.Cyste kecilo ( kurang dari 50mm)biasanya asymptomatic tetapi yang lebih besar dari 50mm menimbulkan gejala nyeri kepala, gannguan visual dan bisa juga terjadi hydrocephalus,biasanya terjadi karena ada halangan di aquaduct(cyste menkompresi aquaduct pada otak)

Mayoritas yang besar berbentuk buah pohon cemara gland cysts tidak memperbesar jika banyak sekali. However, some enlarge over time slowly. Namun, beberapa beberapa waktu memperbesar lambat.Meskipun sebenarnya adalah berbentuk buah pohon cemara cyst jinak dan biasanya tidak berbahaya, karena mereka dapat meniru sebuah tumor, mereka seringkali harus dibedakan dari cystic Tumors lainnya yang dapat terjadi di wilayah yang kelenjar berbentuk buah pohon cemara.

Modalitas yang paling baik pada kasus ini adalah MRI dengan teknik khusus.yaitu ambik irisan tipis T2W sagital 3mm di daerah pineal untuk melihat ukuran cyste.setelah irisan T2W sagital selesai baru buat T2W axial dar panduan irisan sagital tadi iris tipis 3mm sejajar pineal dengan jumlah slice 20 gap 0.3 akan memberikan gambaran yang bagus dan detail.

Informasi akan lebih bagus lagi jika Anda buat teknik 2D Q flow kita bisa melihat apakah ada hambatan liquor yang mungkin ductus aquaduct terkompresi oleh cyste?


untuk teknik 2D Q flow memang agak sulit pastikan ambil irisan betul2 tegak lurus dengan ductus aquaduct agar kita dapat hasil yang sempurna


juga bisa menyebabkan kejadian seperti ini ( Hydrocephalus )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar