Sabtu, 18 September 2010

Pemeriksaan MRI fistulography

Difinisi Fistula : Fistula adalah saluran yang tidak normal antara dua epitel atau permukaan endotel gampangannya adalah saluran yang tidak semestinya ada.Ada penelitian

Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa sekitar 2 juta perempuan memiliki fistula tidak diobati dan bahwa sekitar 100.000 perempuan setiap tahun mengembangkan fistula. Fistula paling banyak ditemukan di sub-Sahara Afrika dan Asia.

GEJALANYA APA ?

Gejala fistula dapat termasuk rasa sakit, demam, nyeri, gatal, dan umumnya merasa buruk. fistula juga dapat menguras nanah atau cairan yang berbau busuk. Gejala ini bervariasi berdasarkan tingkat keparahan dan lokasi fistula.

TYPE FISTULA

Congenital ( e.g. oesophageal atresia with a fistulous communication with the trachea)

Acquired : - external fistulas involve the

skin (e.g. enterocutaneous)

- internal fistulas affect adjacent

organs contiguously or more

through an intervening

abscess cavity (e.g. entro-

enteric,entrocolic,etc.)

•Arteriovenous fistulas are an abnormal communication between an artery and a vein it could be :

- congenital

- acquired :

*trauma

*iatrogenic ( for hemodialyisis )

Internal abdominal fistulas

internal abdomen fiteula :Biasanya dari gastro intestinal

( e.g. colonic diverticular disease, crohn’s disease, colonic carcinoma, radiation enteritis ,intestinal tuberculosis , chronic cholecystitis , etc )

 

External abdominal fistulas

External abdominal fistel biasanya timbul dari komplikasi pembedahan atau trauma pada cavum intraabdomen, atau juga karena pepbentukan abces primer yang melibatkan usus dan dan kulit biasanya di sebut fistula peri anal.Yang pada pembahasan kali ini saya akan memberikan contohnya.

Studi kasus

laki2 usia 43 tahun post pembedahan abces di gluteus beberapa hari kemudian terjadi luka habis operasi yang bernanah dan keluar cairan.Dari Rumah sakit Luar di Rujuk di RS.Husada Utama untuk dilakukan MRI Pelvis dengan kontras H20.

Pasien kita siapkan ganti baju MRI dengan melapas celana dalam, persiapan alat kesehatan hanya spuit 10cc Pz 10 cc dan jarum karet.Pasien saya masukkan di dalam gantri kita mulai proses scaning survey kemudian langsung saya masukan cairan PZ 10cc kedalam lubang fistel dan saya scan kembali.

sequense yang saya gunakan T1W, T2W, T2 Spair (teknik fat suppresion)

hasil MRI nyafistel 3 fistel 2 fistel 1

dan setelah di baca oleh Radiolog kesimpulannya adalah Perianal fistel yang kemudian bercabang 2 pada level prostat yang paling inferior, tampak track fistel berada di antara levator ani muscle dan rectum sisi kanan dan kiri.

Yang saya tekan kan disini adalah teknik membuat MRI nya untuk kasus fistula sebaiknya kita buat teknik fat suppresion untuk hasil yang lebih bagus.

Selamat mencoba ya…….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar