Selasa, 02 September 2008

DASAR2 MR SPECTROSCOPY






PENDAHULUAN
MRS memberikan suatu ukuran tentang kerja otak.Unsur yang biasa dipakai dalam spectroscopy adalah H ( Proton) Na(sodium) P (Phosphorus).Proton spectro lebih mudah dilakukan dan memberikan signal yang jauh lebih tinggi.Proton MRS bias ditampilkan dalam Time 10-15 menit spectroscopy dapat digunakan untuk memonitor dan mengevaluasi perubahan biochemical pada tumor, stroke, epilepsy,kelainan metabolisme, epilepsy,infeksi,dan penyakit saraf bawaan.
MR spectroscopy membantu mengevaluasi :



  • Grade Tumor

  • Type Tumor ( benign/Malignant/recurrent/Nekrosis )

  • Dan mengevaluasi post terapi

APAKAH SETIAP PENGERJAAN MRI PERLU MR SPECTROSCOPY ?
MR spectroscopy digunakan untuk membantu diagnosa jika dicurigai adanya Tumor,abses,infeksi,kelainan metabolic,kelainan hypocampus (epilepsi).Jadi tidak setiap pengerjaan MRI perlu MR spectroscopy.Untuk lebih mudahnya perlu konsultasi dengan dokter Radiologist,Apa perlu dilakukan atau tidak dan juga menentukan area mana yang harus dispectroscopy.Penentuan letak area voxel di MR spectroscopy menentukan hasil final dari diagnosa.



APAKAH SETIAP TEMPAT BISA DI MR SPECTROSCOPY ?
Area penepatan voxel untuk spectroscopy tidak baik pada :



  • Area nekrosis

  • Darah

  • Kalsifikasi

  • Tulang

  • Cyste (cairan )


Voxel paling baik ditempatkan pada daerah enhancement dari tumor.Karena akan memberikan signal yang paling baik dan hasil yang maximal.

APAKAH MR SPECTROSCOPY SEHARUSNYA DI BUAT PADA SAAT POST KONTRAS?
Bisa Ya atau tidak.Sel tumor yang aktif akan memberikan signal yang tinggi sehingga di tandai meningkatnya nilai Cholin, dan kenapa di buat post kontras ? di buat post kontras lebih memudahkan pada kita untuk lebih jelas penempatan area voxel (daerah enhancement).
Apakah ada pengaruh pemberian kontras pada post kontras spectroscopy?
Tidak ada pengaruhnya karena zat kontras (gadolinium) tidak memberikan efek terhadap peningkatan ataupun penurunan zat metabolic dalam sel tumor, kenaikan nilai Cholin tidak dipengaruhi zat kontras

CLINICAL APLICATIONS
BRAIN TUMOR
MR spectroscopy dapat menentukan tingkat keganasan tumor.Pada saat keganasan meningkat NAA dan creatin menurun, cholin dan laktat dan lipit meningkat.Tumor yang sangat ganas mempunyai metabolisme aktif yang tinggi dan mengurangi persedian energi yang berujung pada penurunan Creatin. Lipid dapat ditemukan pada porsi nekrotic pada tumor.dan lactat tampil pada saat tumor mengeluarkan suplai darahnya dan mulai menggunakan glikolisis anaerobic.Untuk mendapatkan ukuran yang akurat spectroscopy ditempatkan pada daerah yang enhancment dan menghindari area nekrotic dan darah,calsifikasi dan cyste.
Multi voxel paling baik untuk mendeteksi malignancy infiltrasi sel malignant di luar daerah enhance,umumnya dalam kasus cerebral glioma, meningkatnya tingkat Cholin secara frekuentative terdeteksi pada daerah edema pada otak diluar massa tersebut.Akhirnya MRS dapat dipakai dokter bedah untuk membiopsi bagian yang metabolisme paling aktif untuk mengukur keganasannya.
MRS tidak bisa dipakai untuk menentukan primer/secunder tumor dari satu orang ke orang yang lain.Seperti telah disebutkan sebelumnya satu kunci tempilan glioma meningkatnya Cholin diluar margin pada daerah tumor.

CEREBRAL ISCHEMIA AND INFARCTION.
Pada saat menjadi ischemic otak mengubah anaerobic glicolisis dan laktat berakumulasi.Meningkatnya laktat adalah kunci tampilan spectroscopy pada hypoctia dan ischemic cerebral.Cholin meningkat NAA dan Creatin menurun pada saat cerebral infraction lipid meningkat.



TRAUMA
MR spectroscopy tidak rutin untuk kasus trauma.CT scan dan MRI menunjukkan fractur intracranial.



Disajikan oleh :

Ferry Indriasmoko

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar