Senin, 25 Mei 2009

SPONDYLOSIS LEHER

SPONDYLOSIS LEHER biasa di sebut dengan nyeri leher dan bahu.Spondylosis artinya penekanan saraf sumsum leher oleh pengapuran di tulang leher, bantalan/ didkus yang lepas dan penebalan ligamen pelindung saraf.


Beberapa gejala yang disebabkan oleh spondylosisi leher :
1.NYERI LEHER di atas kedua bahu, rasa nyeri menyiksa seperti terbakar dan menusuk makin berat di malam hari, berkurang ketika leher digerakkan, nyeri dapt juga diujung leher menjalar keatas sampai belakang telinga atau belakang mata.

2.NYERI KEPALA keluahan paling sering pada satu ataupun kedua sisi kepala

3.NYERI BAHU pada kedua puncak bahu terasa nyeri dalam yang mencekam

4.NYERI LENGAN menjalar ke bawah sampai tangan bahkan kesemutaqn jari jemari

5.GANGGUAN JALAN jika semakin berat menjalar ke kedua kaki, jalan kaku dan berat kadang nyeri sepertisengatan listrik di tangan dan kaki.

Mengapa bisa terjadi gejala spondylosis leher?
Karena proses degenarasi maka terjadi kelemahan struktur tulang leher sehingga pergerekan antara ruas tulang leher terganggu dan tumbuh pengapuran atau tonjolan tulang muda yang menekan sara sumsum tulang belakang.

Penyebab spondylosis leher
1.Faktor usia
2.Riwayat trauma
3.Kebiasaan salah, menggerakkan leher berlebihan, lihat TV sambil tiduran
4.Kerja dalam waktu lama tanpa menggerakkan leher.
5.Kurang olah raga.

Pengobatan:
1.Pemberi obat anti nyeri
2.Obat anti inflamasi
3.Fisioterapi dan latihan otot leher.
4.Pemakaian cllar brace
5.Cegah faktor pemberatan misal mengengkat berat usahakan sering stressching leher saat mengemudi,kerja komputer,nonton TV

APKAH HARUS DIOPERASI ?
TIDAK, sebagian besar tidak memerlukan operasi dan akakn sembuh spontan beberapa minggu dengan penanganan yang baik, bila terjadi penjepitan hebat pada saraf sumsum tulang belakan dan nyeri menetap dan semakin menyiksa baru dipertimbangkan operasi pembebasan saraf leher.

2 komentar:

  1. Hindari penyebab yg sudah diketahui tsb. di atas. Jika sudah terjadi, lakukan pengobatan dengan konsisten. 4 (empat) dari 5 (lima) penyebab tsb. biasanya dilakukan tanpa disadari dan berlangsung terus menerus bertahun-tahun...

    BalasHapus