Kamis, 24 September 2009

Apa itu Medulloblastoma ?

Pendahuluan
Hampir 20% kanker pada anak2 dimulai dari susunan saraf pusat SSP yang terdiri atas otak,saraf tulang belakang dan sekitar fluida lapisan jaringan (meninges).Dalam beberapa tahun terakhir kejadian tumor SSP meningkat.Peningkatan ini sebagian terjadi karena kemajuan tindakan medis yang mengetahui tumor ini sejak dini.

Ada beberapa jenis tumor SSP diagnosis bisanya tergantung pada dua hal :Lokasi tumor dan histology (bagaimana tumor terlihat di bawah mikroskop )

Apa itu Medulobalastoma ?

Meduloblastoma adalah jenis tumor otak yang terjadi pada bayi dan anak kecil.Itu mewakili 20% dari semua kanker SSP pediatrik,menurut definisi meduloblastoma terjadinya di cerebellum yang merupakan bagian belakang otak yang mengontrol berjalan,keseimbangan dan koordinasi motorik.

Medulloblastoma rata rata terjadi pada anak2 kurang dari usia 15th dan yang paling sering pada usia 5-6th dan 20% terjadi pada bayi kurang dari 2 th.Penyakit ini kecenderungan terjadi pada anak laki2 dari pada perempuan.
Tidak jelas apakah penyakit ini terjadi karena keturunan ataukah tidak tetapi meduloblastoma terjadinya karena kelainan kromosom tertentu yang terjadi dibeberapa titik selama perkembangan anak.Salah satu penyebabnya adalah adanya virus tapi teori ini masih dalam penyelidikan.

APa tanda2 medulloblastoma ?
Tanda2 yang paling umum adalah mual hingga muntah,sakit kepala, perubahan visula misalnya penglihatan ganda,terkadang jika berjalan goyang maka anak2 dengan medulloblastoma menjadi perhatian oleh orang tua dan gurunya.Terjadinya muntah yang terus menerus disebabkan tingginya tekanan intrakranial akibat dari tersumbatnya jalur penting untuk aliran serebospinal.

Modalitas apa yang tepat untuk medulloblastoma ?
MRI adalah modalitas yang tepat untu kasus ini dan MRI Brain dengan kontras adalah Gold standart untuk mengetahui medulloblastoma.Biasanya tumor ini primernya di cerebellum dan bisa juga menyebar ke daerah tulang belakan dan sumsum tulang.Tentunya untuk dapat melihat diagnosa yang tepat dengan mengambil sampel tumor dengan cara biopsi,jika tumornya terletak di bagian depan maka sangatlah mudah untuk dilakukan biopsi dengan cara bedah saraf modern.
Medulloblastoma biasanya terletak diserebellum yang letaknya sulit dicapai untuk biopsi.

Bagaimana membedakan Fase medulloblastoma?
Berdasarkan teori stadium Chang yang sering dipakai acuan.Sistem ini di pakai sekitar tahun 1960 an sebelum meluasnya sistem scan radiologi.Jadi melihat dengan sistem manual melihat ukuran tumor dari operasi nah dari situ bisa dibedakan beberapa kategori :
1.T1 tumor <3 cm diameternya 2.T2 tumor >3 cm diametrnya
3.T3a tumor >3cm diameternya dengan penyebaran
4.T3b tumor >3cm diameternya dengan penyebaran dan meyebar kebatang otak
5.T4 tumor > 3cm diameternya dan menyebar melalui silvius dan foramen magnum
selain T kode M juga dipakai sebagai simbol metastase :
1.M0 tidak ada metastase
2.M1 sel tumor ditemukan di cairan cereblospinal
3.M2 sel tumor diluar situs utama tapi masih di otak
3.M3 menjalar ke tulang punggung
4.M4 menjalar di luar SSP hingga tulang belakang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar