Sabtu, 17 April 2010

STROKE Apa & Bagaimana ?

Stroke terjadi karena adanya gannguan aliran darah ke otak secara mendadak.Gangguan aliran darah tersebut akan mengakibatkan bagian otak yang seharusnya mendapat suplai darah dan nutrisi menjadi mati.Fase akut stroke berlangsut saat terjadinya serangan dan beberapa waktu sesudahnya

Pengaruh stroke dapat ringan seperti bicara pelo atau berat termasuk juga bisa mengakibatkan kelumpuhan dan gangguan fungsi penting seperti bicara,gerakan dan ingatan tergantung pada lokasi otak yang mengalami stroke.

Dikenal dua jenis stroke, yaitu stroke iskemik akibat sumbatan pembuluh darah oleh bekuan darah yang lain dan stroke perdarahan akibat pecahnya pembuluh darah otak.

Gejala awal terjadinya stroke
Stroke dapat memberikan gejala atau tanda awal sebelum dia berlanjut menjadi lebih berat dan irreversible.Beberapa tanda stroke yang harus di waspadai adalah :

1.Kelemahan atau hilangannya sensasi rasa anggota gerak atau wajah ( seringkali hanya mengenai satu sisi )
2.Kesulitan atau hilangnya kemampuan berbicara atau kemampuan memahami pembicaraan
3.Hilangnya penglihatan tiba2, terutama satu mata
4.Nyeri kepala hebat dan tiba2 tanpa penyebab yang jelas
5.Rasa penuh di kepala yang sulit di jelaskan, hilangnya koordinasi dan keseimbangan

Stroke terjadi karena adanya gangguan aliran darah ke otak secara mendadak.Gangguan aliran darah tersebut mengakibatkan bagian otak yang seharusnya mendapat suplai darah dan nutrisi menjadi mati.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Pemeriksaan untuk pasien stroke
Seseorang dengan gejala2 stroke harus segera di bawa ke RS yang mempunyai fasilitas penanganan stroke.Diagnosa stroke harus di tegakkan oleh ahli yang berpengalaman melalui anamnesa ( wawancara pasien ) pemeriksaan fisik dan pemeriksaan neurologis yang dapat menentukan kemungkinan lokasi otak yang terkena.Sarana penunjang lain berupa pencintraan otak bai CT scan atau MRI angiografi pembuluh darah otak harus tersedia. dan di lakukan sedini mungkin dalam 24 jam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar