Selasa, 19 Januari 2010

MRI Pelvis dengan Klinis Rhabdomyosarcoma


Deskripsi
Rhabdomyosarcoma adalah kanker ganas yang paling sering ditemukan pada anak-anak. Daerah yang paling umum diserang antara lain kepala, leher, saluran urogenital, lengan atau kaki. Penyebab Rhabdomyosarcoma tidak diketahui secara pasti. Tumor ini adalah tumor langka hanya terjadi dalam beberapa pasien. Rhabdomyosarcoma

Beberapa anak dengan cacat lahir tertentu mengalami peningkatan risiko, dan beberapa keluarga memiliki mutasi gen yang memungkinkan risiko terserang kanker ini. Namun, sebagian besar anak-anak dengan rhabdomyosarcoma tidak memiliki faktor risiko yang diketahui.

Gejala
Gejala bervariasi tergantung pada lokasi tumor. Tumor di hidung atau tenggorokan dapat menyebabkan perdarahan, menelan masalah, atau masalah neurologis jika mereka menyebar ke otak.

Tumor di vagina terlihat menonjol dari pembukaan vagina. Kandung kemih dan vagina tumor dapat menyebabkan kencing atau obstruksi usus. Tumor pada otot dapat muncul benjolan yang menyakitkan dan sering dianggap cedera. Namun, mereka tidak pergi, tetapi terus tumbuh, walaupun mereka mungkin tidak terus menyakitkan.

Diagnosis rhabdomyosarcoma sering tertunda karena kurangnya gejala, dan karena tumor dapat muncul pada waktu yang sama seperti cedera baru-baru ini. Diagnosis dini sangat penting karena merupakan agresif rhabdomyosarcoma tumor yang menyebar dengan cepat.

Pengobatan

Pengobatan yang tepat tergantung pada lokasi dan jenis rhabdomyosarcoma.� Tumor ini paling baik dirawat di pusat dengan pengalaman mengobati rhabdomyosarcoma.

Secara umum, operasi dan terapi radiasi digunakan untuk mengobati daerah yang terserang tumor, sedangkan kemoterapi digunakan untuk mengobati penyakit di semua bagian dalam tubuh.

Kemoterapi adalah bagian penting dari perawatan untuk mencegah penyebaran kanker. Banyak obat kemoterapi yang berbeda aktif terhadap rhabdomyosarcoma.

Sumber: medlineplus dan UMM.lebih detail klik disini
Modalitas apa yang sangat diperlukan untuk kasus seperti ini.Nah kebetulan Kami punya pasien dengan kasus Rhabdomyosarcoma laki2 usia 59 th.Lokasinya di hip kiri.Pasien merasa jika berjalan merasa terganggu. datang ke RS.Husada Utama untuk di MRiI pelvis fokus pada hip kiri.
Bagaimana membuatnya ?
Ikutilangkah2 berikut ini :
1.Pilih Coil sense body dan letakkan diatas pelvis
2.Posisi pasiene supine
3.Tanpa respiratori.
Perameter yang kita gunakan adalah :
1.T2 W dan T1W axial
2.T2W, T1W dan T2 FS coronal
3.2.T2W, T1W dan T2 FS sagital
4.DWIBS
5.Semua thikness kita pakai 4mm dan gap 20% of thikness
dan hasil MRI nya adalah sebagai berikut
malignancy bone tumor iliac wing, tulang ischii kiri dengan perluasan ke vertebrae L5 dan S1 dan menginfiltrasi m.pyiformis dan iliopsoas muscle kiri

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar