Minggu, 30 Mei 2010

Kecetit bisa sebabkan kelumpuhan


Nyeri pinggang dan kaki dianggap kejadian yang biasa.Kondisi yang disebut dengan spondylosis lumbal ( kecetit ) dalam dunia kedokteran ini bisa sangat menyakitkan.

Cerita seorang wanita usia 63 tahun menjadi gambaran.nenek delapan cucu ini menceritakan 12 tahun dirinya menderita nyeri pinggang, berbagai cara sudah ditempuh mulai dari dokter hingga pijat.
Ada solusi dari dokter yang di tawarkan yaitu operasi, namun ibu 3 anak ini menolak saya takut karena cerita banyak orang yang operasi bahkan sudah ke Singapura tetap gagal.Pulang bukannya sembuh tapi lumpuh ungkapnya.Ibu ini juga memperoleh keterangan kemungkinan keberhasilan operasi 30% dan 70 % gagal.Awal nyeri pinggang saat yuliati terpelesat air seni cucunya, dia merasa sakit di badan bagian kiri.Ibu ini segera pergi ke dokter dengan obat2 an tidak ada perkembangan berganti ke beberapa dokter mereka tidak mau operasi karena resiko kelumpuhan.Atas saran salah satu dokter disuruh pijat.

Dua tahun menjalani pijat nyeri berkurang semetara saja.menginjak tahun ke 11 sakitnya bertambah berat dab tidak bisa berjalan jauh.Setiap 10 menit merasakan sakit dan kemudian berhenti, setelah sakitnya hilang berjalan lagi begitu seterusnya.puncaknya pada tahun ke 12 nyeri tak tertahankan ibu ini merasa tidak sanggup lagi hidup seperti ini "tuturnya"

Atas anjuran dokter mantan menantunya agar berkonsultasi dengan dokter bedah syaraf meski awalnya sempat di tentang anak pertamanya akhirnya sukses menjalani operasi dan sembuh.


keadaan ini juga di alami beberapa temannya yang jatuh dari ketinggian 1,2m tak seberapa sakit dan pergi ke Amerika di beri obat sejenis steroid di pinggangnya.keadaan bertambah buruk ketika di LA tahun 2004 sempat salah tempat menyuntik.Meski li L4-5 tetapi malah di suntuk di tulang ekor.Hasilnya tambah memburuk ia juga memperoleh foto dan hasil CT scan saat pulang ke Indonesia.

Tahun 2008 ia jatuh lagi kali ini rasa sakitnya tambah parah setahun kemudian sempat ke Malaysia, namun saat kembali dari Malaysia atas informasi teman ibu ini untuk berkonsultasi dengan dr.bedah syaraf dan ternyata L4-5 bergeser 30% yang mengakibatkan penyempitan susum tulang belakang
Saat direncanakan operasi dengan mantap saya menanyakan apa bisa 100% sembuh ? dokter bedah saraf tersebut menjawab 80% OK.pokoknya bisa jalan tidak menusahkan anak cucu jawab ibu ini.

Langsung saya minta dioperasi yang membutuhkan waktu 7-8 hari untuk pemulihan karena menyesuaikan dengan dua pen titanium dab beberapa screw yang akan di pasang.Kalau hanya penyempitan saraf tanpa pasang pen & screw hanya butuh waktu pemulihan tiga hari saja.Sekarang ibu ini sudah enam bulan setelah di operasi dan sembuh bisa berjalan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar