All Radiografer Indonesia siang ini saya akan berbagi ilmu tentang Standart Pelayanan MRI yang kami gunakan di RS.Husada Utama Surabaya.Standart pelayanan ini kita pakai sebagai dasar untuk peningkatan mutu pelayanan Rumah sakit seutuhnya.
Tujuannya adalah untuk memberikan arahan langkah-langkah proses pelayanan MRI.
Langkah-langkah Radiografi
A.TAHAP PERSIAPAN
1.Salam dan sapa
Contohnya : "Selamat pagi, saya Ferry radiografer yang akan memeriksa bapak/Ibu"
2.Periksa Surat permintaan Pemeriksaan MRI dan Penjelasan Prosedur Pemeriksaan
Contohnya :" Yang harus di cek :
a).Nama sesuaikan dengan nama penderita
b).Jenis pemeriksaan yang di minta
c).Menjelaskan prosedur pemeriksaan dan apa yang akan dialami oleh pasien
3.Cek persiapan penderita
Contohnya :" Sudah puasa ? Sudah Tahan kencing ? apa ada foto/MRI yang lama ? apakah ada pemeriksaan creatinin ?
catatan : tidak semua pemeriksaan memerlukan persiapan
4.Persiapan menjelang persiapan
Contohnya ." Ganti baju, kencing dulu, lepas perhiasan screening pasien
B.TAHAPAN PEMERIKSAAN
1.Sikap "tubuh penderita"
contohnya ."sikap atau posisi" supine, prone,head first atau feet first.
2.Posisi bagian tubuh
Contoh." posisi tangan yang nyaman,posisi kaki dll
3.Posisi Coil
Contoh."cara menenmpatkan coil sesuai pemeriksaan"
4.Sentrasi sinar dan arah
C ontoh." sesuaikan dengan permintaan.arahkan sinar kebagian tubuh yang diperiksa tepatkan sesuai lendmarknya.
5.Terapkan teknik fiksasi
Contoh memakai sand bag
6.Instruksi pada penderita
Contoh tarik nafas dikeluarkan dan tahan dll
7.Tentukan faktor atau parameter MRI
Contoh."T1W, T2W, Flair, thickness, slice, TR TE fold over direction, matrix dll"
8.Lakukan scaning MRI
9.Proses Imeging
Contoh."Mengubah kontras WW WL, printing, pembuatan CD dll
10.Penutup
Contoh." pasien di beri informasi kapan foto MRI bisa diambil
Teman-teman radiografer langkah2 ini adalah serangkaian proses untuk membuat image MRI.Untuk ( How to make good MRI ) bisa di baca di artikel sebelumnyuaGet Good Image
Dan serangkaian ini jangan sampai terputus, harus urut,Semoga bermanfaat.
kemarin saya periksa di lt.3 tidak dapet pelayanan yang memuaskan.. petugas tidak mengucapkan sapa..
BalasHapusbahkan petugas admin sedang telpon seseorang dengan membentak2..
bagi saya itu cukup mengganggu..
untuk Kevin, terima kasih komen nya di blog saya.Saya akan membantu untuk memberitahu ke petugas nya
BalasHapus