Sabtu, 25 April 2009

Tumor Extra Dural di Thoracal


Studi Kasus :
Pasien male 49th datang dengan mengeluh dada depan terasa sakit menusuk hingga ke bagian belakang , riwayat tumor di thracal dan sudah di operasi di Singapura 10 tahun yang lalu.

Pasien sudah menjalani pemeriksaan MRI 3x tapi dokter tidak menemukan adanya tanda2 kelainan.Karena frustasi pasien ini mendapatkan informasi yang positive bahwa di RS.Spesialis Husada Utama ada yang ahli MRI dengan dokter yang memiliki kualitas yang sangat bagus.

Pasien ini MRI yang ke-4 di RSHU sebelum MRI pasien ini sudah bilang minta tolong dibuatkan gambat yang paling bagus dan akurat karena sudah 3x MRI hasilnya normal tapi pasien masih mengeluh sakit sudah 3th.

Setelah mendapat mandat seperti itu kita langsung buat Irisan sagital dari TH1 s/d L5 dengan irisan 3mm sehingga jika ada kelainan akan tampak.

Pada saat sequence T2W ada tampak sesuatu yang mencurigakan tetapi masih belum jelas seperti bayangan pedicle yang seolah teriris oleh irisan MRI.

Saat sequence Stir long TE nampak jelas bahwa ada massa yang sangat kecil hanya 7,1mm.
Tanpa ragu lagi kita buat irisan tipis 3mm untuk axial, dugaan sangat jelas bahwa itu adalah tumor.

Rencana kita kontras tetapi pasien ini pernah melakukan transplantasi ginjal 10 tahun yang lali di Bombay India.Jadi kontras dibatalkan.

Irisan coronal kita tambahkan untuk melihat lebih jelas lagi tumornya dari anterior.

Dan hasil MRI :
Massa extradural di posterior coepos (inferior endplate)TH7 sisi kiri yang menekan spinal cord anterior kiri.Massa berupa penonjolan di pedicle T10 kiri yang menyebabkan neural canal stenosis T9-10.

dari hasil ini pasien merasa penykitnya sudah ketemu tinggal bagaimana solusinya, kita tunggu hasil dari dokter bedah sarafnya.

Yang paling penting adalah kita mengerjakan MRI bukan karena kita harus bisa mengerjakan saja tapi betul2 peduli dan mau mencari hingga ketemu penyakitnya kalau perlu menggunkan teknik yang di luar standart juga tidak apa-apa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar