Minggu, 07 Juni 2009

Dampak MRI terhadap orang hamil


Dampak MRI terhadap ibu hamil bisa di lihat di http://www.radiologyinfo.org/en/info.cfm?pg=bodymr.Sebenarnya Belum ada dampak yang berarti seperti yang di kutip di website diatas untuk ibu yang hamil,Medan magnet yang begitu besar yang mengenai tubuh sehingga bisa mengghasilkan gambaran MRI ini belum ditemukan adanya dampak terhadap ibu hamil tapi disarankan untuk trimester yang pertama tidak melakukan tindakan MRI jikalau tindakan MRI ini besar manfaatnya terhadap klinis maka dampaknya diabaikan demi sebuah diagnosa.

Dampak MRI yang paling pasti terhadap orang yang memakai alat pacu jantung atau disebut pacemaker,Jika memakai alat pacu jantung betul2 tidak di izinkan untuk MRI karena eloktronik yang ada di pace maker akan rusak sehingga alat tidak berfungsi lagi dampaknya jantung yang di pacu oleh pace maker bisa berhenti seketika.

Dampak MRI juga terasa untuk orang yang memakai implant logam yang kurang dari 2 bulan, biasanya terasa tulang seperti tertarik dan rasanya ngilu di sekitar implan logam.seandainya penanaman implan logam lebih dari setengah tahun biasanya tidak ada efek yang berarti.



1 komentar:

  1. Minggu kemarin istri saya di MRI. Waktu itu belum tahu hamil karena waktu datang bulannya masih minggu ini. Tapi minggu ini setelah dicheck ternyata hamil.... ada pengaruhnya nggak MRI minggu kemarin terhadap kandungan?

    BalasHapus