Senin, 01 Juni 2009

Mengenal Kontras MRI

Komposisi
1ml dari netral paramagnetis kontras MRI berisis gadubotrol (10-[(1SR,2RS)-2,3-dihydroxy-1-hydroxy-methylpropyl]-1,4,7,10-tetraazacyclo-dodecane-1,4,7-triacetic acid, gadolinium-complex) 604,72 mg.



gadovist adalah kontras paramagnetik untu MRI,kontras meningkatkan efek yang mediated
oleh gadobotrol yang terdiri dari of gadolinium (III) and the macrocyclic dihydroxy-hydroxymethylpropyl-tetraazacyclododecane-triacetic acid (butrol).

Setelah kontras di suntikan ke dalam darah melalui intra vena kontras mengalir dan di serap oleh bagian tubuh yang di tuju dan mengalir ke ginjal dan di melalui ginjal disaring oleh glomerulus

Kontra indikasi:
1.Hypersensitive terhadap obat
2.Ibu hamil dan menysui di anjurkan tidak menysui selama 24 jam setelah penyuntikan kontras

Jika menggunakan kontras gadovist opasitas yang paling baik tidak boleh lebih dari 15 menit.Setelah selesai di pakai jarum gadovist tidak boleh di pakai 2 x atau sisa kontras lebih baik di buang jangan di pakai lagi.

Dosis yang dianjurkan adalah 0,1 mL Gadovist / kg berat badan.0,1 mL Gadovist per kg berat badan (setara dengan 0,1 mmol / kg berat badan) yang diberikan melalui urat nadi di tingkat 2 mL per detik.

Untuk perfusion :
Untuk T 2 *- weighted lerengan echo sequence 0,3 mL Gadovist / kg berat badan (0,3 mmol / kg), yang diberikan melalui urat nadi di tingkat 5 mL / detik menggunakan powered penyuntik, sangat dianjurkan.

Efek samping pemeberian kontras
1.Mual muntah setelah pemberian kontras
2.Kadang2 ada reaksi mucosal
3.Bisa juga tejadi pusing panas dan dingin dan ada yang di laporkan terjadi pingsan.

Penyimpanan :
menyimpan di bawah suhu 30 derajat celcius jauh dari cahaya dan jauh dari jangkauan anak.,5, 10, 15 dan 30 mL hanya boleh dipakai satu kali pemeriksaa setelah itu di buang.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar