Jumat, 18 Desember 2009

MRI Glioblastoma

Glioblastoma adalah sebuah tumor sistem saraf pusat yang terbentuk dari glial jaringan otak dan sumsum tulang belakang dan sel sel yang terlihat sangat berbeda dengan jaringan yang normal.Glioblastoma biasanya terjadi pada orang dewasa dan mempengaruhi otak dari pada sumsum tulang belakangGlioblastoma:: Molecular Mechanisms of Pathogenesis and Current Therapeutic Strategies.
Glioblastoma adalah tumor brain yang sangat agresif type primer.52% dari kasus parenchym tumor dan 20% semua tumor intracranial.Glioblastoma terjadi dari 2-3 kasus per 100.000 orang di Amerika Utara dan Eropa.Menurut the WHO classification of the tumors of the central nervous system‎. 
Nama standart untuk tumor ini adalah Glioblastoma, ada dua varian yaitu : giant cell glioblastoma and gliosarcoma .


Gejalanya biasanya kejang,muntah, nyeri kepala dan hemiparese.
Diagnosis jika dilihat dengan modalitas MRI maka akan terlihat ring-enhancing lesions,seperti gb yang diatas.Gambar MRI diatas terlihat jelas ring enhancment saat T1W post contrast.saat kita spectroscopy akan nampak metabolisme cholin sangat tinggi.
nampak pada gambar kanan bawah terlihat rasio cholin dan creatin yang tinggi.Menunjukkan agresifitas yang tinggi.
Ada juga nampak tampilan yang tidak spesific sebagai lainnya seperti abses,abses, metastasis, tumefactive multiple sclerosis,
Glioblastoma sering terjadi pada laki2 walaupun alasanya belum jelas, biasanya tumor ini sangat sporadis tanpa kecenderungan genetik
Faktor resiko lainnya meliputi :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar