Minggu, 20 Desember 2009

MRI Infarct Cerebri



Penyakit vaskuler
Infarct cerebri

                Buat teman2 radiografer Indonesia or mancanegara, sering kita mendengar istilah stroke ada yang bilang karena perdarah ada juga yang bilang karena penyempitan pembuluh darah, nah hari ini saya akan membuka ilmunya yang akan saya padu dengan teknik pembuatan MRI paket stroke.
Pada orang dewasa otak manusia beratnya hanya 2% dari berat badan,tetapimemerlukan oksigen 20% dari seluruh intake O2 dan 16% dari cardiac output.
Rekasinya begitu cepat apabila terjadikekurangan oksigen diotak,mula2 terjadi kerusakan reversible kemudian berlanjut menjadi irreversible.Infarct cerebri (serangan ischemic & encephalomalacia)menjadi penyebab kematian no.3 setelah serangan jantung dan tumor.
Yang mendasari terjadinya stroke adalah kecelakaan lalulintas yang menyebabkan terjadinya thrombosis arterii (75%) kasus emboli 10% kasus dan perdarahan massif (15%).Material thrombus akan menyebabkan penyempital lumen arteri cerebral dan akan menghambat aliran darah dan menyebbkan kekurangan oksigen dan energy ke otak.Trombus paling banyak terjadi pada arteri akibat dari arteriosclerotic didalam vaskuler pada pasien yang tua dan akibat keradangan pada pasien yang muda.
Sumber trombolitic adalah plaque extracranial atau ulcerasi pembuluh darah brachiocephalic,seperti juga pada gangguan jantung.
Secara histology infarct dibagi menjadi 3 fase:
  • Pelunakan awal dengan intra / ekstra cellular
  • Pada hari kedua terjadi degenerasi selubung myelin dan karyolsis neuroglia secara bersamaan terjadi pula phagocytosis myelin oleh sel granuler lemak (sel microglia dan histiocyt)
  • Encephalomalacia



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar