Selasa, 03 November 2009

Apa Perbedaan Antara Spin Echo (SE) dan Gradien Echo (GE)?

Spin Echo pulsa 90 derajat eksitasi (GE memiliki pulsa lebih kecil) dan SE refocuse beberapa dephasing yang tejadi selama echo time menggunakan RF 180derajat memfukuskan kembali ke denyut nadi.Sedangkan GE tidak memiliki 180 derajat.
Di bawah ini Draft Spin Echo


Disamping ini Draft Gradien Echo

Perbedaan ini memiliki sejumlah konsekuensi.Salah satu yang signifikan adalah kecepatan.Karena hanya satu denyut RF diterapkan di GE gema dapat direkam lebih cepat.Sehingga waktu gema lebih cepat.Jika flip sudut rendah dugunakan TR juga dapat lebih pendek GE bisa lebig cepat karena TE dan TR rendah.Konsekuensi lain bahwa dalam kontras citra GE ditentukan oleh T2* tidak seperti di Spin Echo dimana kontras ditentukan oleh T2.Hal ini karena gradien refocusing  pembalikan di GE hanya yang telah berputar dephase oleh tindakan dari grdien itu sendiri dephasing dari spin (berputar) tergantung dari medan magnet inhomogen tidak terbalik.Dalam SE dibalikkan oleh 180 derajat denyut nadi.dengan begitu signal to noise rasio lebih tinggi.


literatur :Books: MRI From Picture to Proton p219, MRI The Basics p87, 147, 165

2 komentar:

  1. wahyudi ifani7 Maret 2011 21.14

    1. FSE menggunakan pulsa RF 180 untuk menhasilkan echo, sedangkan GRE menggunakan medan magnet gradien
    2. karena menggunakan medan magnet gradien maka GRE lebih cepat daripada FSE tp rentan terhadap suseptibilitas dan ketidakhomogenan medan magnet

    BalasHapus
  2. Ok : Pak wahyudi thanx udah di komentari

    BalasHapus