Jumat, 27 November 2009

Total Cervical Disc Replacement

Materi ini ditulis oleh M.Sofyanto dr.SpBS Beliu salah satu dokter spesialis bedah saraf di RS.Spesialis Husada Utama Surabaya.


Ganti sendi leher,metode baru untuk spondilosis leher
Banyak yang tidak menyadari kalau sendi leher (bantalan diskus) melakukan pergerakan paling banyak dibanding sendi seluruh tubuh,sehingga berpeluang terjadi kerusakan atau degenerasi lebih awal,data terbaru menyatakan 50% diatas 50th mengalami leher dan bahu sebagai keluahan paling menonjol.
Gejala ini disebabkan penekanan saraf sumsum leher akibat dari bantalan diskus yang lepas,Penebalan ligamnet pelindung saraf dan pengapuran tulang leher yang menusuk akar saraf.

Keluhan ini meliputi :
a. Nyeri dileher seperti menusuk dan terbakar yang menyiksa terutama malam hari berkurang ketika leher digerakkan atau saat bekerja,bahkan nyeri mejalar sampai sekitar telinga dan mata.
b. Nyeri kepala bisa satu sisi kadang disertai migrain dan vertigo
c. Nyeri bahu satu atau dua sisi pada puncak bahu mencengkram keras,kadang nyeri sampai ke dada
d. Nyeri lengan menjalar sampai tangan, kesemutan dan kelemahan jari hingga sulit memegang barang ataupun menulis.
e. Gannguan jalan bila keadaan semakin berat disertai jalan kaku dan berat kadang nyeri sperti sengatan listrik di tangan dan kaki.
Sebagian besar penyakit ini tidak memerlukan operasi dan sembuh spontan dengan penanganan yang baik, selama tagun 2008 terdapat 352 pasien spondilosis leher di RS.Spesialis Husada Utama Surabaya,hanya 52 kasus yang menjalani operasi.indikasidilakukan operasi sangat ketat bila pengobatan tidak menolong.





Metode terbaru penggantian sendi leher
Teknik operasi mikrosurgery memudahkan semua tindakan ooperasi leher tanpa resiko yang berarti dan aman, melalui kulit leher depan dua setengah centimetr dengan bantuan mikroskop khusus bisa memisahkan organ vital disekitar leher seperti arteri karotis,laring,usofagus, disisihkan.selama operasi keluarga menyaksikan lewat monitor dan bekomunikasi langsung dengan dokter.

Melewati celah ruas tulang leher semua penekanan dan penjepitan dan pengapuran dibebaskan dan bantalan ruas tulang leher yang rusak diganti dengan bantalan baru yang berfungsi seperti yang asli, bergerak ke suemua arah dan mampu menerima beban sebagaimana leher normal.
Operasi ini dikenal sebagai TOTAL CERVICAL DISC REPLACEMENT menggunakan bantalan discus sperti aslinya yang disebut cervical mobile prothesis, segera setalah operasi pasien dibangunkan dan boleh menngerakkan leher tanpa penyangga leher (collar brace) diperbolehkan pulang esok harinya setelah makan pagi dan tidak ada keluhan yang berarti.

1 komentar:

  1. domisili saya ada di jakarta dan hasil MRI memang menunjukkan sakit di atas.
    apakah operasi tsb sudah bisa dilakukan di jakarta.
    saya harus menghubungi kemana jika d jakarta?
    terima kasih

    BalasHapus