Minggu, 15 November 2009

Spectroscopy ca prostat

Hari yang menyenangkan
3 hari kita radiographer melaksanakan workshop ilmiah yang bertempat di Bali pulau eksotis tanggal 13-15 November 2009.Dengan materi penatalaksanaan traktus urinarius dengan berbagai modalitas.Baik konvensional,CT scan,MRI,dan radioterapi.
Nah kebetulan saya diberi kesempatan untuk berbagi mengisi modalitas MRI.Saya mengambil tema PERANAN MRI DAN MR SPECTROSCOPY DALAM MENENTUKAN STAGING CA PROSTAT.Kebetulan tema ini sangat menarik dan kebetulan juga ada banyak kasus yang kita tangani di rumah sakit kami so apa lgi kalo nggak kita sheringkan betul gakkkkkk.
Nah inti dari materi saya yang paling inti adalah bagaimana kita sebagai radiographer bisa melakukan atau membuat teknik spectroscopy yang tepat agar grafik rasio colin dan creatinin Nampak bagus.
Sebelum kita mulai menginjak injak isinya mari kita tengok parameter yang kita gunakan
 3D VISTA
 T1 Weighted_TSE
 T2 Weighted_TSE
 T2 Fat Sat
 DWIBS
 THRIVE_SPAIR
 SV PRESS_120
T2-Weighted
 Slice thikness : 3mm
 Slice gap : 0-20% of slice thickness (0-0.4mm)
 FOV : 150-200mm
 TR=2500-4500 TE=100-300
 Two saturation slabs
T1-Weighted
 Slice thikness : 3mm
 Slice gap : 0-20% of slice thickness (0-0.4mm)
 FOV : 200-250mm
 TR=500-700 TE=12-20
 Two saturation slabs


TEKNIK PENTING
Pasien harus kencing dulu kenapa? Biar buli kosong donggggggg.Apa pentingnya ?????yah ;penting lahhh?la iya apa? Yang pasti biar gak kebelet pipis.he heh ehhheehheheheheh
Yang pasti spectroscopi gak mau tuh kalo ada cairan yang dekat2 voxel.Maka dari itu pasien harus kencing dulu.Habis gitu buat irisan axial T2 W_TSE langsung buat spectroscopy di daerah prostat.Nah gitu maksudnya.
Lo mas kok gak dibuat setelah kontras dulu?”Kalo nunggu lama2 isi buli nanti penuh”.Apa boleh kalo sudah semua sequence diambil dulu baru pasien dikeluarkan trus suruh pipis di pispot habis gitu di masukkan lagi habis gitu di spectroscopy ?”boleh boleh aja”yang penting hasilnya jadi.Apa nggak repot bu…..
Nggak apa2 deh yang penting isi buli kosong.Dan yang paling penting voxel dibuat tepat di prostat.
Ok teman2 radiografer kita sudah belajar MRI prostat.Dan saya yakin setelah membaca ini Anda pasti bisa mengerjakannya.Itu harapan saya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar